PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEMA MENYAYANGI HEWAN DAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI DERESAN

Erwin Ramadhan Edwar Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan langkah-langkah sistematis yang dilakukan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Menyayangi Hewan dan Tumbuhan untuk siswa kelas III SD, dan 2) mengetahui tingkat validitas dan kualitas dari multimedia pembelajaran interaktif “Menyayangi Hewan dan Tumbuhan” untuk kelas III SD. Penelitian dan pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg and Gall. Uji coba melibatkan 49 siswa kelas III SDN Deresan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan; Langkah sistematis pengembangan multimedia sudah sesuai dengan model penelitian pengembangan Borg and Gall. Tingkat validitas dan kualitas yang diperoleh dari validasi konseptual (ahli materi dan media) 4,3 (sangat tinggi) dan 4,44 (sangat tinggi). Validasi empiris meliputi uji coba produk awal yang mendapatkan skor 94% (sangat tinggi). Uji coba lapangan utama mendapat skor 97,5% (sangat tinggi). Uji pelaksanaan lapangan mendapatkan skor 98,75% (sangat tinggi). Berdasarkan hasil penilaian konseptual dan empiris, multimedia mendapatkan nilai kategori “sangat tinggi” maka, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif tema Menyayangi Hewan dan Tumbuhan dapat digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: multimedia pembelajaran interaktif, hewan dan tumbuhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter