MINAT, MOTIVASI, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MENGIKUTI DISTANCE LEARNING DI SMP N 4 GIRIMULYO

Putri Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat, motivasi, dan kemandirian belajar siswa mengikuti program distance learning akibat pandemi COVID-19 di SMP N 4 Girimulyo, Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 pada masa COVID-19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP N 4 Girimulyo. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket penilaian diri berupa google form. Data kuantitatif dari angket dianalisis dengan mengikuti aturan pemberian skor beserta klasifikasi hasil penilaian yang menggunakan skala 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, tingkat minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase akhir 68,83%. Kedua, tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase akhir 71,72%. Ketiga, tingkat kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase akhir 71,83%.
Kata kunci: tingkat, minat, motivasi, kemandirian, belajar, siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter