APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROIDI UNTUK PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR DI BADAN DIKLAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yasin Addafi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi mobile berbasis android untuk pelatihan kepemimpinan administrator di Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang peneliti gunakan merupakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974: 5). Aplikasi mobile yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada peserta pelatihan. Subjek pada penelitian ini melibatkan tim pelaksana pelatihan dan peserta pelatihan. Uji coba melibatkan peserta pelatihan yang dibagi menjadi 3 tahapan yaitu uji coba 1-1, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data angket untuk uji kelayakan ahli media, uji kelayakan ahli materi, dan uji kelayakan pengguna.
Hasil penelitian ini berupa aplikasi mobile untuk Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Badan Diklat DIY. Penelitian ini mendapatkan nilai dari ahli materi dengan skor rata-rata 4,6 dengan kategori (Sangat Baik) yang diambil dari 2 aspek yaitu isi materi dan pembelajaran. Selain itu penelitian ini juga mendapatkan nilai rata-rata 4,5 dengan kategori (Sangat Baik) dari ahli media yang terbagi menjadi 2 aspek yaitu tampilan aplikasi dan program aplikasi. Sedangkan penilaian pada pengguna mendapatkan nilai rata-rata 3,86 dengan kategori (Baik) setelah dikonversikan sesuai tabel konversi Widoyoko (2012: 108).
Kata Kunci: Aplikasi Mobile Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter