PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMATIK “INDAHNYA KEBERSAMAAN” UNTUK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Iwan Sanjaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan monopoli tematik yang layak dan efektif untuk membantu dalam pembelajaran siswa kelas IV SD Negeri 2 Jonggrangan Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari 8 tahap pengembangan Borg & Gall yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan data, 2)perencanaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi hasil uji coba lapangan,. Tempat pelaksanaan penelitian adalah SD Negeri 2 Jonggrangan ,Klaten. Subjek uji coba lapangan awal adalah 4 siswa, subjek uji coba lapangan adalah 8 siswa, dan uji lapangan sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, angket validasi materi, angket validasi media, dan angket untuk siswa. Data yang sudah ada kemudaian diolah untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan.
Penelitian menghasilkan media monopoli yang layak dengan menempuh 7 langkah dari Borg & Gall. Media ini mendapatkan penilaian dari ahli materi sebanyak 82,5% (Sangat Layak), dari ahli media mendapatkan penilaian 80% (Layak). Dan penilaian dari 8 siswa kelas IV sebagai subjek dalam pelaksanaan uji coba lapangan mendapatkan nilai 100% (Sangat Layak). Rata-rata hasil dari penilaian terhadap media akhir adalah 87,50% (Sangat Layak). Secara kuantitatif media monopoli layak digunakan.
Kata kunci: media monopoli, indahnya kebersamaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter