ANALISIS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID “MARBEL HURUF” DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Dicki Prisma Santosa

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan informasi mengenai bentuk penerapan prinsip desain pembelajaran dalam multimedia pembelajaran interaktif berbasis android “Marbel Huruf” yang ditinjau dari prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, prinsip keaktifan siswa, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis android “Marbel Huruf” telah menerapkan prinsip desain pembelajaran. Adapun bentuk penerapan prinsip desain pembelajran, sebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi teks yang menyajikan judul, narasi dan musik pendukung isi multimedia, background yang sesuai dengan tema, menampilkan tujuan pembelajaran, dan mengaitkan dengan materi sebelumnya; 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi penggunan teks, gambar, animasi, dan karakter pendukung isi multimedia, notifikasi yang mengarahkan pengguna, dan efek suara pada tombol; 3) partisipasi aktif siswa meliputi menyajikan gambar dan animasi dengan ajakan bersifat fisik, menyajikan suara dengan ajakan bersifat verbal, menyajikan narasi dengan ajakan bersifat mental, dan menyajikan permainan yang berkaitan dengan materi pembelajaran; 4) umpan balik meliputi respon terhadap jawaban pengguna, menampilkan perolehan skor permainan, dan, menampilkan pencapaian bermain pengguna; 5) perulangan meliputi icon/tombol untuk mengulang materi atau permainan.
Kata Kunci: desain pesan pembelajaran, multimedia pembelajaran interaktif, media android.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter