PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN TEMATIK BERMUATAN PPKN “CERMIN 4 SAHABAT” TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN UNTUK ANAK TUNANETRA KELAS VIII DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Ardhi Noor Iskhak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Media Audio Cermin 4 Sahabat terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Kedudukan dan fungsi Pancasila bagi bangsa dan Negara Indonesia di MTS LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test and post test design. Populasi penelitian ini adalah Siswa/i kelas VIII yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari pemanfaatan media audio Cermin 4 Sahabat terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas VIII. Hal ini dibuktikan ditemukan nilai mean N-Gain sebesar 65.1042 atau 65,1 %, yang apabila menggunakan standar tafsiran efektivitas N-Gain, masuk dalam interval 56-75 %, dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan (Ha) diterima, yang berarti ada pengaruh penggunaan media audio Cermin 4 Sahabat terh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter