PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO SI JUARA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNANETRA DI MTSLB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Rusmin Afandi Madjid

Abstract


Abstrak
Penelitian Ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media audio Si Juara terhadap hasil belajar IPA pada siswa tunanetra MTsLB/A Yaketunis Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pre-test and post test design. Populasi penelitian ini adalah Siswa/i kelas VII dan VIII yang masing-masing berjumlah 5 orang, sehingga total populasi sebanyak 10 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji rerata dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media audio Si Juara terhadap hasil belajar siswa/i kelas VII dan VIII. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata (mean) pre-test yaitu pada kelas VII sebesar 34 dan mean skor post-test menjadi 78, adanya peningkatan sebanyak 44 %. Sedangkan mean skor pre-test kelas VIII sebesar 38, dan mean skor post-test sebesar 64, terjadi peningkatan sebesar 26 %. Sementara dengan uji N-Gain ditemukan nilai mean N-Gain sebesar 65.5000 atau 65 %, yang apabila menggunakan standar tafsiran efektivitas N-Gain, masuk dalam interval 56-75 %, dengan kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan (Ha) diterima, yang berarti ada pengaruh penggunaan media audio Si Juara terhadap hasil belajar IPA pada Siswa/i MTsLB/A Yaketunis Yogyakarta.
Kata kunci : Media Audio Si Juara, Tunanetra, Hasil Belajar

Abstract
This study aims to examine the effect of using the audio media Si Juara on science learning outcomes in blind students of MTsLB / A Yaketunis Yogyakarta. This type of research is a quasi-experiment using one group pre-test and post-test design. The population of this research is students VII and VIII, each of which supports 5 people, so that the total population is 10 people. Data collection using learning outcomes test instruments. Data analysis using the mean test and N-gain test. The results showed the fact of the use of audio media Si Juara on student learning outcomes in grades VII and VIII. This increases with the pre-test mean score in class VII of 34 and the post-test average score of 78, an increase of 44%. While the average score of pre-test class VIII was 38, and the post-test average score was 64, an increase of 26%. While the N-Gain test found an average value of N-Gain of 65.5000 or 65%, which was approved using the standard interpretation of N-Gain efficiency, included in the interval of 56-75%, with the category quite effective. Accepted it can be concluded (Ha) accepted, which means that there is an influence of audio media Si Juara on the learning outcomes of Science in MTsLB/A Students Yaketunis Yogyakarta.
Keywords: Audio Media Si Juara, Blindness, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter