PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA ARAB BENDA DAN ANGKA UNTUK SANTRI DI TPA

Rynati Dwi Cahyaningrum

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif mengenal bahasa arab benda dan angka untuk santri jenjang TKA di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel yaitu model Four-D. Desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini hanya meliputi tiga langkah yaitu define, design, dan develop. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil validasi ahli materi termasuk kategori sangat baik (4). 2) Hasil validasi media termasuk kategori sangat baik (3,5). 3) Hasil uji coba perorangan termasuk kategori layak (8,9). 4) Hasil uji caoba kelompok kecil termasuk kategori layak (0,91). 5) Hasil uji coba lapangan termasuk kategori layak (9,4). Jadi, hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal bahasa arab benda dan angka dikatakan layak sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Bahasa Arab, Santri TPA

Abstract
The purpose of this study is to produce interactive learning multimedia products to recognize the Arabic language and numbers for students at the TKA level in the Al-Qur'an Education Park. This study uses the R & D development model of Thiagarajan, Semmel & Semmel, namely the Four-D model. The design of developing interactive learning multimedia only includes three steps, namely define, design, and develop. The results of this study are: 1) The results of the validation of material experts include very good categories (4). 2) The results of media validation include very good categories (3.5). 3) The results of individual trials include the appropriate category (8,9). 4) The results of the small group trial test include the appropriate category (0.91). 5) The results of the field trials include the appropriate category (9.4). So, the results of developing interactive learning multimedia recognize Arabic language objects and numbers are said to be feasible as learning media
Keywords: Interactive multimedia learning, Arabic language, TPA Student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter