EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) PEDULI LINGKUNGAN DI SD N 1 TRIRENGGO

Retno Annik Raharjo

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesesuaian aspek perencanaan, pelaksanaan, dan prosedur evaluasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) peduli lingkungan di SD N 1 Trirenggo dengan standar penilaian keberhasilan program PPK. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan jenis data kualitatif. Model evaluasi yang digunakan yakni model discrepancy. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas beberapa langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aspek perencanaan program PPK peduli lingkungan di SD N 1 Trirenggo memperoleh rerata skor 4,5 tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan jumlah keberhasilan sebanyak 20 indikator.; 2) Aspek pelaksanaan program PPK peduli lingkungan di SD N 1 Trirenggo memperoleh rerata skor 4,3 tergolong dalam kategori sangat tinggi dengan jumlah keberhasilan sebanyak 16 indikator; 3) Aspek prosedur evaluasi program PPK peduli lingkungan di SD N 1 Trirenggo memperoleh rerata skor 3,4 tergolong dalam kategori cukup dengan jumlah keberhasilan sebanyak 5 indikator. Rekomendasi diberikan terkait dengan indikator yang masih belum mencapai standar keberhasilan yakni indikator ekstrakurikuler, skenario pembelajaran, kapasitas guru, karakter nasionalisme, instrumen penilaian, mekanisme umpan balik, kelengkapan data, dan peningkatan prestasi.
Kata kunci: evaluasi, program, PPK

Abstract
This research aims to evaluate the suitability category of plan, implementation, and evaluation procedure the environmental PPK program in SD N 1 Trirenggo with the standard of successfull criterion. This research is evaluative research with qualitative data types. The evaluation model use the discrepancy model. Subject selection technique is purposive sampling. The technique of collecting data uses interview techniques, observation and studies documentation. The test data validity is triangulation of sources and techniques. Data analysis in this study consistof several steps. The results show that 1) Planning aspects environmental PPK program in SD N 1 Trirenggo obtain an average score of 4,5 is included in very high category with 20 successfull indicator; 2) Implementation aspects environmental PPK program in SD N 1 Trirenggo find an average score of 4,3 is included in very high category with 16 successfull indicator; 3) Evaluation procedur aspect enviromental PPK program in SD N 1 Trirenggo get an average score of 3,4 is belonged in sufficient category with 5 successfull indicator. The recommendations given to several indicators that have not yet reached the standard of successfull criterion, namely extracurricular, learning scenarios, teacher capacity, nationalism character, assessment instruments, feedback mechanisms, data completeness, and improvement in achievement.
Keywords: evaluation, program, PPK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter