PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Areeya Tochuendee

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan internet sebagai sumber pelajar mahasiswa program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 206 mahasiswa, Teknik pengambilan sampel Stratifield Proportional Random Sampling sebanyak 103 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Data peneliti ini dianalisis degan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa program Studi teknologi pedidikan Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta pada kategori tinggi dan kategori sangat tinggi 96.11%. Faktor internal yang lebih dominal adalah faktor pengetahuan internet 25.30% dan faktor eksternal yang lebih dominal adalah faktor keberadaan lab komputer di universitas 74.81%.
Kata Kunci: Pemanfaatan internet, sumber belajar, mahasiswa teknologi pendidikan.


Abstract
This study aims to determine the use of the internet as a source of students of the Educational Technology Study Program of the Faculty of Education Yogyakarta State University. This research was conducted using a quantitative approach with a descriptive type of research. The study population amounted to 206 students, the sampling technique of Stratifield Proportional Random Sampling was 103 students. Data collection techniques were carried out by questionnaire and documentation. Test the validity of the instrument using expert judgment and reliability testing using the Croncbach Alpha technique. Then the data were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques. The results of this study indicate that the level of internet utilization as a learning resource for program students in the study of technology in education of the Faculty of Education of Yogyakarta State University is in the high category (79.81%). More dominal internal factors are 25.30% of internet knowledge factors and more dominant external factors are factors of the existence of a komputer lab at a university 74.81%.
Keywords: The use of the internet, learning resources, educational technology students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter