PENGEMBANGAN GAME BERBASIS ADOBE FLASH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SEKOLAH DASAR

Febrinda Tara

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi Job and Profession untuk anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan tahapan penelitian Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah. Subjek uji coba penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Tukangan Yogyakarta dengan dua tahap pelaksanaan uji coba yaitu uji coba lapangan awal dengan 6 subjek dari kelas VA dan uji pelaksanan lapangan dengan 20 subjek dari kelas VB. Teknik dan pengumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode kalitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa game edukasi School 2018 English materi Job and Profession layak. Kelayakan media dibuktikan dengan hasil uji validasi ahli media pembelajaran dengan rata-rata (4,51) dan hasil uji validasi ahli materi bahasa Inggris dengan rata-rata (4,083). Pada hasil uji coba lapangan awal didapatkan hasil “layak” (94,44%) dan pada hasil uji coba pelaksanaan lapangan diperoleh hasil “layak” (90%).
Kata Kunci: game edukasi berbasis adobe flash, media pembelajaran Bahasa Inggris
Abstract
This study aims to produce learning media that will be feasible in learning English in Job and Profession matter for elementary school. This research is used R&D research type with the stages of Borg and Gall research which has been modified into seven steps. The subject of this study was the fifth grade students of Tukangan State Elementary School of Yogyakarta, with two stages of the field testing: premilinary field testing with 6 subjects from class A and operational field tests with 20 subjects from class B. The technique and data collection used interviews, observation, documentation, and questionnaires. Data analysis used qualitative and descriptive quantitative methods. The results of this study indicate that the education game School 2018 subject English Job and Profession material is feasible. The feasibility of the media was proven by the results of the validation expert learning media test with an average (4.51) and the results of the validation test of the English material experts with an average (4.083). In the results of the premilinary field testing the results were "feasible" (94.44%) and in the results of the operational field testing the results were "feasible" (90%).
Keywords: educational game based adobe flash, english learning media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter