ANALISIS KONTEN PRINSIP-PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN HANACARAKA PRODUKSI BALAI TEKKOMDIK DIY

Wahyu Fardhani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran yang terdapat dalam multimedia pembelajaran Hanacaraka produksi Balai TEKKOMDIK DIY. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran Hanacaraka telah menerapkan lima prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran dan bentuk penerapannya meliputi: 1) kesiapan dan motivasi berupa teks yang menyajikan judul bertuliskan Hanacaraka, teks berisi materi pengantar, gambar pendukung isi multimedia, musik pendukung isi multimedia dan teks yang berisi pentingnya aksara jawa; 2) penggunaan alat pemusat perhatian berupa animasi tulisan yang berkedip, teks dengan gambar yang mecolok tiap judul bahasan serta musik latar belakang dan musik efek setiap masuk halaman menu; 3) partisipasi aktif berupa suara yang mengajak pengguna untuk membaca, animasi yang mengajak pengguna menulis, animasi yang mengajak pengguna menggeser jari pada layar, dan teks yang mengajak pengguna berfikir dan bermain sesuai petunjuk; 4) umpan balik berupa gambar atau simbol yang menunjukan hasil pekerjaan, teks yang memberi pujian kepada pengguna, dan teks yang menunjukan jumlah langkah menyelesaikan permainan; 5) dan perulangan berupa fungsi tombol/ikon untuk mengulang materi.
Kata kunci: prinsip desain pesan pembelajaran, multimedia pembelajaran, multimedia hanacaraka


Abstract
This study aims to determine the form of application of the design principles of learning messages contained in the Hanacaraka multimedia learning production of Balai TEKKOMDIK DIY. This study uses the method of content analysis. The results showed that Hanacaraka multimedia learning had implemented five learning message design principles and the forms of application included: 1) willingness and motivation in the form of text that presented the title, the text containing the introduction material, supporting images of multimedia contents, music supporting multimedia contents and texts that contain the importance of Javanese script; 2) the use of centering the attention tools in the form of animated learn and play words that blinks, text with images that attract in each subject and background music and music effect every time entering the menu page; 3) active participation in the form of voice that invites the user to read, namely the pronounciation of Javanese script, animation that invites the user to write, animation that invites the user to slide the finger on the screen in the form of moving hand image animation, and text that invites the user to think and play according to instructions; 4) feedback in the form of pictures or cross symbols and ticks that show the results of work, texts that give praise to users, texts that show scores in the form of numbers and texts that indicate the number of steps to complete the game; 5) and repetition in the form of a button / icon function to repeat the material.
Keywords: principles of learning message design, multimedia learning, Hanacaraka multimedia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter