PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD NEGERI JURUGENTONG, BANTUL

Ratnaningsih Indriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe TAI terhadap
hasil belajar IPS kelas V di SD Negeri Jurugentong, Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas V di SD Negeri Jurugentong Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan simple random
sampling kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes
objektif pilihan ganda. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil
pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 5,779 dan dari tabel distribusi t diperoleh
ttabel sebesar 2,0129 dengan nilai signifikasi < 0,05 yaitu sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
thitung> ttabel, jadi Ha diterima. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization)
berpengaruh meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas V SD N Jurugentong, Banguntapan, Bantul.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter