PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESAIN ANIMASI KOMPUTER (PRODI TP)

Fitradana Bayu Robihantoro

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui peningkatan kemampuan mendesain animasi komputer dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian One-Shot Experimental. Pada penelitian ini, Populasi terdiri dari dua kelas Prodi Teknologi Pendidikan sebanyak 60 mahasiswa, kedua kelas tersebut terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu, kelompok eksperimental dan kontrol. Dua kelompok tersebut masing-masing terdiri dari 30 mahasiswa. Masing-masing kelompok penelitian diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok kontol menggunakan Power Point dan praktek langsung, sedangkan kelompok eksperimen menggunkan video pembelajaran. Kemudian masing – masing diberikan pretest/tes awal dan postest/tes akhir. Nilai tes tersebut kemudian dijadikan acuan dalam pengolahan data untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa menggunakan media video pembelajaran. Peneliti ingin mengetahui keefektifan media video pembelajaran, maka dilakukan uji-t. Hasil penelitian dan pembahasan, yaitu Ketika proses pembelajaran berlangsung menggunakan media Power Point sekaligus praktek langsung, mahasiswa sering bertanya untuk memahami isi materi. Hai ini dibuktikan dari distribusi rerata nilai tes awal siswa untuk kelas kontrol sebesar 64,50 kemudian untuk tes akhirnya sebesar 75,67. Pembelajaran menggunakan media video pembelajaran ketika mengalami kesulitan, mahasiswa hanya perlu memutar kembali video tersebut. Hai ini dibuktikan dari distribusi rerata nilai tes awal siswa untuk kelas eksperimen sebesar 67,33 kemudian untuk tes akhirnya sebesar 92,00. Sehingga terdapat peningkatan sebesar 24,67 dari uji beda pretest dan posttest kelas eksperimen. Sehingga penggunaan video pembelajaran dirasakan sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Dan dirasa efektif dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pemahaman, Evektivitas Video Pembelajaran

Abstract
This study aims to: Know the increased ability to design computer animation using learning videos. This research was conducted at the Educational Technology Study Program of the Faculty of Education Yogyakarta State University. This research is a One-Shot Experimental research. In this study, the population consisted of two Education Technology Study Program classes as many as 60 students, both classes consisted of two research groups namely, experimental and control groups. The two groups each consist of 30 students. Each research group was given a different treatment. The dick group uses Power Point and direct practice, while the experimental group uses learning videos. Then each was given a pretest / initial test and posttest / final test. The value of the test is then used as a reference in data processing to determine the increase in students' understanding of using learning video media. Researchers want to know the effectiveness of learning video media, so the t-test is carried out. The results of the study and discussion, namely when the learning process takes place using Power Point media as well as direct practice, students often ask to understand the contents of the material. Hi this is evidenced from the average distribution of students' initial test scores for the control class of 64.50 then for the final test of 75.67. Learning to use learning video media when experiencing difficulties, students only need to play back the video. Hi this is evidenced from the average distribution of the initial test scores of students for the experimental class of 67.33 then for the final test of 92.00. So there is an increase of 24.67 from the different test pretest and posttest experimental class. So that the use of video learning is felt to be very influential on student learning outcomes. And it feels effective in the learning process.
Keywords: understanding, learning video effectiveness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter