PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR I YOGYAKARTA

Krishna Cahya Murthi Kuncoro

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apa saja bentuk pemanfaatan internet oleh siswa, dan 2) mengetahui saja hambatan yang dialami siswa dalam memanfaatkan internet. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dengan lima pengkategorian. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagian besar siswa atau sebanyak 11 siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta dapat memanfaatkan layanan internet seperti browsing, FTP, e-mail, dan chatting sebagai sumber belajar. Selain itu sebagian besar siswa atau sebanyak 13 siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta cukup mengalami hambatan dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
Kata Kunci : Teknologi, Pemanfaatan, Internet, Sumber Belajar

Abstract
The purpose of this study is to: 1) find out what forms of Internet utilization by students, and 2) to know only the barriers experienced by students in utilizing the internet. This research uses descriptive research with quantitative approach. Subjects used in this study are students of SMP class VIII, amounting to 30 students. Data collection techniques used are questionnaires or questionnaires. Data analysis used in this research is descriptive analysis technique with five categorization. The result of this research is that most of the students or as many as 11 students of class VIII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta can utilize internet services such as browsing, FTP, e-mail, and chatting as learning resources. In addition, most students or as many as 13 students of class VIII SMP Pangudi Luhur I Yogyakarta suffered enough obstacles in using the internet as a source of learning.
Keywords: Technology, Utilization, Internet, Learning Resources


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter