PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA KELAS 3 SD NEGERI PERUMNAS 3 CONDONGCATUR YOYAKARTA

Ladyka Ayuningtyas Sidowati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin pada pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas 3 dengan menggunakan media pembelajaran poster di SD Negeri Perumnas 3 Condongcatur, Depok, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri dari atas 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan hasil dari pasca tindakan I ke pasca tindakan II yang meningkat sebesar 11,24%. Selain itu peningkatan dari pratindakan ke pasca tindakan II yang meningkat sebesar 22,92%. Peningktan diperoleh dengan cara memberikan pembimbingn yang lebih intens pada setiap aspek karakter disiplin.
Kata Kunci: Karakter Disiplin, pembelajaran, media poster

Abstract
This study aims to enhance student’s discipline character in learning implementation by using a poster media in class III SD Negeri Perumnas Condong Catur, Depok, Yogyakarta. This study is an action research class with Kemmis and Taggart design consists of four stages namely planning, implementation, observation, and reflection. Data analysis using quantitative descriptive analysis. The process of improving learning is shown with the result of post-action I to post-action II that increased by 11,24%. Also, the increase from pre-action to post action II which increased by 22,92%. The enhancement is achieved by providing more intense guidance on every aspect of the character of the discipline.
Keywords: Character Discipline, Learning, Poster


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter