HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN WIDYAISWARA TERHADAP HASIL DIKLAT DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP)

Anggi Putri Utami

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari peserta diklat terhadap kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara terhadap hasil diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta diklat kurikulum 13 untuk guru sekolah dasar. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket dengan uji validitas konstruk dengan expert judgement, reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,857 pada variabel kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara terhadap hasil diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang dilihat dari nilai signifikansi 0,000 > 0,05.
Kata kunci: widyaiswara, pengelolaan pembelajaran

Abstract
The Correlation Between The Instructor’s Competences On Learning Management Toward Training Outcome At Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). This research uses mix methods approach. The subject in this research amounted to 30 trainees of 2013 curriculum training for elementary school teachers. The data collection instrument uses questionnaire with construct validity test with expert judgement, reliability using Alpha Cronbach formula with the result of 0,857 on perceptions of trainees variable toward the management of learning by widyaiswara. The test of prerequisite analysis using normality test, linearity test and homogeneity test, while hypothesis test using product moment correlation analysis technique from Karl Pearson. The analysis of data used is the analysis of qualitative-quantitative. The results showed that there is a positive and significant the correlation between the management of learning by widyaiswara with the training results seen from the significance value of 0,000 < 0,05. The conclusion of this research is the higher the level of trainee’s perception toward management of learning by widyaiswara until the higher the trainees results.
Keywords: widyaiswara, learning management


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter