PENGARUH MEDIA SCRABBLE TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Elina Yuanita

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Scrabble terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 siswa kelas A sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 21 siswa kelas B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh positif penggunaan media Scrabble terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (80,48>59,52); dan pada kelas kontrol diketahui bahwa nilai rata-rata posttest lebih besar dari pada nilai rata-rata pretest (67,86>59,76).
Kata kunci: media Scrabble, penguasaan kosakata, bahasa Inggris
Abstract
This study aims to determine the effect of the use of Scrabble media on the mastery of English vocabulary in grade IV students SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. This research is a quasi-experimental research with pretest posttest control group design. The sample of this research is 21 students of class A as experiment class and 21 students of class B as control class. Methods of data collection using observation, tests, and documentation. Data analysis technique using Independent T Test. The result of the research is known that there is positive influence of Scrabble media usage on mastery of English vocabulary in fourth grade students of SDN Gadungan Kidul II Bantul Yogyakarta. This is shown from the value of significance level of 0.000 <0,05. The results of data analysis in the experimental class had a posttest average value greater than the pretest average (80.48> 59.52); and in the control class it is known that the posttest average is greater than the pretest average (67,86>59,76).
Keywords: media Scrabble, vocabulary mastery, English

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter