PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ULAR TANGGA PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI NGRINGIN

Tustika Duwi Lestari

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran perkalian yang berlangsung selama ini di kelas II SD Negeri Ngringin sebagai dasar dalam pengembangan media yang sesuai dengan pembelajaran. Serta untuk menghasilkan media pembelajaran edukatif permainan "ULAR TANGGA PERKALIAN" yang membelajarkan, mengasah kemampuan siswa tentang pemahaman perkalian. Penelitian menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dan pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Ngringin. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket. Teknik Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi produk ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 4,7 kategori sangat layak dan hasil validasi produk dari ahli media mendapat skor akhir sebesar 4,8 kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan presentase 87% kategori sangat layak. Hasil uji coba lapangan utama menunjukkan presentase sebesar 95% kategori sangat layak. Hasil uji lapangan operasional menunjukkan skor 99,4% kategori sangat layak. Hasil keseluruhan alat permainan edukatif ini adalah sangat layak.
Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif, Ular Tangga Perkalian, Sekolah Dasar

Abstract
This study aims to describe the multiplication learning that took place during this class II SD Negeri Ngringin as a basis in the development of media in accordance with learning. And to produce educational instructional media game "ULAR TANGGA PERKALIAN" which membelajarkan, honing students' abilities about the understanding of multiplication. The research used Borg & Gall's research and development model and Dick & Carey's learning development. The subjects of the study were students in class II of SD Negeri Ngringin. Data collection in the form of interview, observation, questionnaire. Technique Data analysis using descriptive quantitative. Expert material product validation results obtained final score of 4.7 categories is very feasible and product validation results from media experts got a final score of 4.8 categories is very feasible. Preliminary field trials show that 87% of the category is very feasible. The main field trial results show a 95% percentage of very feasible category. The results of operational field tests showed a score of 99.4% very feasible category. The overall result of this educational game tool is very feasible.
Keywords: educational game tool, snake ladder multiplication, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter