PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS VISUALISASI MEME KOMIK DAN GAMBAR KARTUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH

Saiful Amri

Abstract


Abstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran yang layak digunakan untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang ditinjau dari aspek penilaian, seperti aspek tampilan teks, aspek tampilan warna, aspek tampilan gambar, aspek tampilan layout, aspek tampilan fisik, dan aspek desain pesan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media pada tahap akhir mendapatkan rata-rata skor 3,4 dan termasuk dalam kategori layak, pada validasi ahli materi tahap 1 mendapatkan rata-rata skor 3,6, pada validasi ahli materi tahap 2 mendapatkan rata-rata skor 3,9 dan keduanya termasuk dalam kategori layak. Pada uji coba produk awal menggunakan 5 subjek mendapatkan rata-rata skor 3,7 dan pada hasil uji coba pemakain mendapatkan rata-rata skor 3,6 keduanya termasuk dalam kategori layak. Hasil penelitian pada penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama sebagai media pembelajaran untuk materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara.
Kata kunci: Modul Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama, Pancasila sebagai Ideologi dan dasar Negara

Abstract
This research and development aim to produce an appropriate learning module used for the subject of VIII Grade Civic Education of Secondary School. This module used the value of Pancasila as Ideology and Basic Material of State which viewed from some aspects of assessment, such as text display, color display, image display, layout view, physical appearance, and design of learning messages. The results of this study can be concluded that the learning module that has been validated by the media expert in the final stage get the average score of 3.4 and included in the category is feasible. The validation of material experts stage 1 get the average score of 3.6 and the validation of material experts stage 2 earns an average score of 3.9. From those scores, they can be put into the category worthy. In the initial product trial using 5 subjects earns an average score of 3.7 and on the trial results the average score of 3.6. Both scores can be concluded in the eligible category. The results of this development research shows that the learning module develops feasible for students of class VIII Junior High School as a medium of learning for the material of Pancasila as Ideology and State Basic.
Keywords: Learning Module, Secondary School Civic Education, Pancasila as Ideology and State Basic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter