PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERJUANGAN PARA TOKOH PEJUANG PADA MASA PENJAJAHAN BELANDA DAN JEPANG BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI GULON 4 SALAM MAGELANG

Hilmi Andika Budiawan

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi dan media hasil pengembangan multimedia pembelajaran IPS materi Perjuangan para Tokoh Pejuang pada masa Penjajahan Belanda dan Jepang bagi siswa kelas V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang.Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Subjek uji coba penelitian ini siswa kelas V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang. Pelaksanaan uji coba awal 4 orang siswa, uji coba lapangan 8 orang siswa dan uji lapangan 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data hasil penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Kelayakan multimedia telah divalidasi oleh ahli media yang memeroleh skor 71 dari nilai tertinggi 85 masuk dalam kategori layak dan klasifikasi sangat baik. Validasi ahli materi mendapat skor 78 dari skor tertinggi 100 masuk dalam kategori layak dan klasifikasi baik. Uji coba awal, uji coba lapangan dan uji lapangan masuk dalam klasifikasi baik. Hasil keseluruhan penilaian terhadap multimedia pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang adalah layak digunakan oleh siswa.
Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, IPS

Abstract
This research development to produce multimedia learning IPS material Struggle of the Fighters during the Dutch and Japanese occupation that is feasible for students of grade V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang.This research uses research development (R & D) according to Borg and Gall. The subjects of this research are the students of grade V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang. Implementation of initial test 4 students, field trials 8 students and field test 15 students. Techniques data collection were conducted using a questionnaire. Data analysis of research result using quantitative descriptive method.The result of validation by a media expert which score 71 of the highest score 85 so as to include a vey good classification, where as the material expert validation obtained 78 of the highest score 100 include category of good. The initial test the results, results of field trials, and field test results include in the good classification. The overall result of the assessment of multimedia learning IPS material Struggle leaders of the fighters during the Dutch colonialism and Japan for students of grade V SD Negeri Gulon 4 Salam Magelang is worthy of used by student.
Keyword: development, Learning multimedia, IPS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter