PENGEMBANGAN PUZZLE ALAT TRANSPORTASI UNTUK PENGENALAN ANGKA DI TK ABA GENJAHAN II PONJONG GUNUNGKIDUL

Ines Setiowati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif berupa puzzle alat transportasi untuk mengenalkan angka pada TK ABA Genjahan II. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan materi ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan langkah (a) pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap pengembangan materi dari ADDIE, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (g) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi sebesar 4,46 dan ahli media sebesar 4,86. Selanjutnya uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,8, uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,8 dan uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,92.
Kata Kunci : Alat permainan edukatif, puzzle alat transportasi, siswa TK ABA A
Abstract
The aimed of this research is to produce the instrument of education game like: puzzle of transportation tools to introduce the number in kindergarten ABA Genjahan II Ponjong, Gunungkidul.This development research adopts types of development Bord and Gall that collaborated with type of materiel ADDIE. This researches is done by step (a) information collection, (b) planning, (c) initial product development collaborated with the material development stage of ADDIE, (d) initial field trials, (e) major product revisions, (f) major field trials, (g) revision of operational product, (h) operational field trial, (g) revision of final product. The instrument that used to aggregate the data is using interview and questionnaire. Technique of data analysis that use in this research is quantitative descriptive technique.The result show that validation result of expert of material is 4, 46 and based on expert of media is 4,86. Based on initial field trials it is get 0,8, and based on major field trials it is get 0,8 and based on operational field trial is get 0,92 (eligible category).
Key Word : education game tools, puzzle guide transportation , kindergarten of ABA A

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter