PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PEREDARAN DARAH” UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Meylani Astino Perdana

Abstract


Abstrak
Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall yang dikolaborasikan dengan model Hannafin & Peck. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta, dengan tiga tahap pelaksanaan yaitu uji coba awal melibatkan 5 subjek, uji coba lapangan utama melibatkan 10 subjek, dan uji coba lapangan operasional melibatkan 20 subjek. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi, pedoman wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif IPA materi sistem peredaran darah manusia dinyatakan layak. Hasil penilaian ahli materi yang termasuk dalam kriteria layak (3,85) dan hasil penilaian ahli media termasuk kriteria layak (3,51). Selanjutnya hasil uji coba lapangan awal termasuk kriteria layak (0,98), hasil uji coba lapangan utama termasuk kriteria layak (1), dan hasil uji coba lapangan operasional termasuk kriteria layak (1).
Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Peredaran Darah, Sekolah Dasar


Abstract
The main objective is produce interactive learning multimedia subject appropriate. This study uses developing research (R&D) according to Borg & Gall collaborated with Hannafin & Peck’s model. The subjects of this study Grade V students at Muhammadiyah Elementary School in Karangkajen Yogyakarta, which three stages implementation conducted including the prelimanary stage testing involving 5 subjects, the main field testing involving 10 subjects, and field operational testing involving 20 subjects. The instruments data collection used were observation guides, interview guides, and questionnaires. Technique data used in the research analysis was quantitative descriptive. The results of this study indicated that interactive learning multimedia of Natural Science for human circulatory system material was considered feasible. The assesment given by material expert feasible category (3,85), by media expert feasible category (3,51). Then premilinary field testing feasible category (0,98), the main field testing feasible category (1), and the operational field testing got feasible category (1).
Keywords: Multimedia learning, Blood Circulatory, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter