KINERJA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK SEKECAMATAN DANUREJAN YOGYAKARTA

Hanung Joko Wintolo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran anak di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Danurejan pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta dengan jumlah 10 TK. Populasi berjumlah 39 guru. Teknik pengumpulan data adalah angket sebagai teknik utama serta didukung dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus tenden sentral. Uji validitas instrumen dengan menggunakan validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru dalam meningkatkan pembelajaran anak di TK se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta dalam aspek perencanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 96% dalam aspek pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 97%, dan dalam aspek evaluasi pembelajaran  termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 87%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.