MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN PENDIDIKAN DAN PENYIARAN ISLAM SEMOYO KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Whana Yanuarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan motivasi kerja guru, faktor pendukung dan faktor penghambat motivasi kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Pendidikan dan Penyiaran Islam Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan guru PAI. Metode Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi kerja guru terlihat dalam membuat silabus dan RPP sesuai target, memiliki inisiatif dan tanggung jawab dalam bekerja. (2) Faktor pendukung yaitu tingkat pendidikan guru sesuai dengan kualifikasinya, lingkungan kerja guru mendukung dan, hubungan dengan orang tua siswa baik, kompensasi yang didapatkan guru dirasakan cukup, kepemimpinan kepala sekolah baik. (3) Faktor penghambat yaitu guru tidak memiliki hambatan bekerja dari dalam diri sendiri hal tersebut karena guru memang tulus untuk mengabdi dan ingin memiliki generasi penerus yang berprestasi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.