IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Nining Prastiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pendidikan berbasis budaya di SMA Negeri 2 Bantul; (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis budaya di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis dengan model interaktif Milles Huberman. Hasil penelitian adalah: (1) Bentuk implementasi pendidikan berbasis budaya yaitu (a) pengintegrasian/dipadukan ke dalam mata pelajaran, (b) kegiatan ekstrakurikuler (c) pembiasaan seperti senyum salam sapa, ngapurancang, tunjuk jari dengan jari ibu, dan lingkungan bernuansa budaya  dan (d) kegiatan sekolah meliputi kamis pahing, hari kartini, ulang tahun sekolah dan wayangan. (2) Faktor pendukung yaitu respon baik dari warga sekolah, tenaga pengajar yang ahli, kebijakan pemerintah, dukungan dinas, fasilitas yang memadai, dan lingkungan yang mendukung. Faktor penghambat yaitu fasilitas penunjang yang belum optimal, kesiapan guru belum optimal, dan peran warga sekolah belum optimal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.