EVALUASI PENYELENGGARAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA

Fitriyana Widyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian penyelenggaraan perpustakaan SD Juara Yogyakarta ditinjau dari Standar Nasional Perpustakaan (SNP) tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu tenaga perpustakaan, guru, serta siswa dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik memperoleh keabsahan data  menggunakan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan perpustakaan SD Juara Yogyakarta secara umum tidak sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (2011).  Adapun enam komponen yang kurang sesuai dengan SNP 2011 yaitu: (1)  koleksi perpustakaan, (2) sarana dan prasarana, (3)  layanan perpustakaan, (4) tenaga perpustakaan, (5) penyelenggaraan perpustakaan, dan (6) pengelolaan perpustakaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.