PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA

Dedi Mukhlas M

Abstract


Penelitian secara umum bertujuan mendeskripsikan pengelolaan ekstrakurikuler kepramukaan di SMPN 1 Yogyakarta. Secara rinci fungsi pengelolaannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil pengelolaan secara umum sudah baik. (1) Perencanaan: gugus depan dan kualifikasi pembina sesuai, siswa wajib kelas tujuh dan delapan; dasar dan tujuan mengacu pada UU kepramukaan berlaku dan Kurikulum 2013; sasaran kegiatan penanaman nilai-nilai karakter; materi berpedoman pada buku SKU dan SKK; sumber dana berpusat pada BOS; dan ketersediaan sarana prasarana belum banyak. (2) Pelaksanaan: gugus depan dan pembina aktif, anggota berjumlah 544; agenda dan jadwal disusun rutin, metode pengajaran teori dan praktek, pengisian buku SKU dan SKK sesuai prosedur; penggunaan dana berpatokan pada BOS; sarana prasarana kurang lengkap. (3) Evaluasi: prestasi gugus depan, keberhasilan pembina melatih dan keaktifan anggota sangat baik; keberhasilan metode, materi, ketercapaian SKU dan SKK sesuai harapan; kondisi keuangan stabil; dan kondisi sarana prasarana perlu diperhatikan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.