PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI SE-KABUPATEN KULONPROGO

Ajeng Ayu Ocnayanty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan perpustakaan yaitu; anggaran dan pendanaan yang menetapkan komponen rencana anggaran perpustakaan yang akan dibiayai, sumber anggaran paling banyak di dapatkan dari anggaran rutin sekolah. Perencanaan sarana dan prasarana sudah dilakukan yaitu; perencanaan ruang yang sudah sesuai. Perencanaan tenaga sudah dilakukan tetapi ada kendala dalam menentukan gaji. (2) Pembinaan koleksi yaitu; memiliki macam koleksi perpustakaan kecuali audio visual dan layanan teknologi, informasi dan dokumentasi, melakukan perencanaan pengadaan bahan pustaka dan cara memperoleh yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. (3) Pengolahan koleksi semua sekolah sudah melakukan kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi dan penyelesaian koleksi. (4) Pelayanan perpustakaan sekolah melakukan layanan sirkulasi, pelayanan referensi dan melakukan promosi, kelompok sasaran utama adalah guru dan murid.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.