PROYEKSI KEBUTUHAN GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KABUPATEN SLEMAN 2017-2021

Pipit Nurhalimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proyeksi kebutuhan guru SMP di Kabupaten Sleman 2017-2021 sehingga diketahui gambaran kebutuhannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru SMP di Kabupaten Sleman. Lokasi Penelitian adalah Kabupaten Sleman dengan pengambilan data di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman . Metode pengumpulan data adalah studi dokumentasi data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik proyeksi.

Hasil Penelitian kebutuhan ideal guru SMP di Kabupaten Sleman 2017-2021 menunjukkan bahwa; (1) Guru Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terjadi kekurangan guru sebanyak 142 orang; (2) Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia  terjadi kekurangan guru sebanyak 593 orang; (3) Guru mata pelajaran Bahasa Inggris terjadi kekurangan guru sebanyak 42 orang dan kelebihan guru sebanyak 39 orang; dan (4) Guru mata pelajaran Matematika terjadi kekurangan guru sebanyak 101 orang dan kelebihan guru sebanyak 12 orang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.