PENGARUH PENERAPAN PERATURAN KELAS SECARA TERTULIS TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH TEGALREJO YOGYAKARTA

Sidiq Setyanta

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelas yang menggunakan penerapan peraturan kelas secara tertulis memiliki kedisiplinan belajar lebih tinggi dari kelas yang menggunakan peraturan kelas tidak tertulis siswa kelas II SD Muhammadiyah Tegalrejo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas II yaitu kelas IIA sebagai kelas kontrol yang diterapkan peraturan tidak tertulis dengan jumlah siswa sebanyak 26 anak dan kelas II B sebagai kelas eksperimen yang diterapkan peraturan tertulis dengan jumlah siswa sebanyak 16 anak. Dalam penelitian ini dilakukan treatmen dan observasi, treatmen dilakukan pada kelas eksperimen. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi kedisiplinan belajar siswa. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif, sedangkan pengujian hipotesis komparatif dengan menghitung mean pada skor observasi. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakan peraturan secara tertulis memiliki kedisiplinan belajar lebih tinggi dari kelas yang menggunakan peraturan kelas tidak tertulis pada siswa kelas II SD Muhammadiyah Tegalrejo Yogyakarta. Hasil penghitungan mean pada observasi kelas eksperimen memperoleh skor 27,8 dan kelas kontrol memperoleh skor 26,7. Berdasarkan perolehan skor observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan disiplin belajar siswa karena ketaatan terhadap peraturan kelas lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Kata kunci: peraturan kelas, kedisiplinan siswa, SD Muhammadiyah Tegalrejo
This research aims to determine the class that uses the application of the written rules classes have higher learning discipline from the a class using the rules class are not written grade II SD Muhammadiyah Tegalrejo Yogyakarta. The type of this research is pre-experimental. The research population is grade II the IIA class as control class that applied the unwritten rules with a number of students many as 26 children and class II B as a experimental class experimental class that applied the written rules with a number of students much as 16 children. In this research was conducted treatment and observation, treatments performed in the experimental class. The instruments used in the research is observation of learning discipline. Validity of the instrument in this research using expert opinion (expert judgement). Data analysis using descriptive statistical techniques, while the comparative hypothesis testing by calculating the mean score of observation. Based on the results of research, discussion, and test the hypothesis that it can be concluded class that uses the written rules have a higher learning discipline from the classes using the rules class are not written in grade II SD Muhammadiyah Tegalrejo Yogyakarta. Calculation results mean observation experimental class obtained a score 27.8 and a control class obtained a score 26.7. Based on the observation scores can be concluded experimental classes increased of learning discipline because the observance of rules class more higher than control class.
Keywords: classroom rules, student discipline, Elementary School Muhammadiyah Tegalrejo.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.