SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MOVING CLASS DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL YOGYAKARTA

Tri Utami

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui supervisi akademik kepala sekolah yang
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut dalam pelaksanaan
pembelajaran moving class di SMK Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data
utama kepala sekolah dan guru mata pelajaran sebagai informan pendukung. Metode
pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, serta didukung dengan studi
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
menggunakan model interaksi dari Milles dan Michael Huberman yang terdiri dari reduksi
data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusing
drawing/verivication).
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian di SMK Muhammadiyah 1 Bantul adalah
sebagai berikut: (1) pada kegiatan perencanaan, kepala sekolah melakukan koordinasi dan
memberikan pengarahan kepada tim yang telah dibentuk untuk melakukan penyusunan
kurikulum, silabus, program tahunan, program semester, dan Rencana Program Pengajaran,
(2) kegiatan pelaksanaan supervisi akademik berupa kunjungan kelas yang dilakukan kepala
sekolah maupun wakil kepala bagian kurikulum, (3) kegiatan evaluasi berupa pemantauan
kegiatan ujian dan pengolahan nilai hasil ujian, (4) kegiatan tindak lanjut berupa pembinaan
kepada guru melalui berbagai kegiatan seperti rapat koordinasi, seminar, workshop,
maupun Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Kata Kunci : supervisi akademik, kepala sekolah. moving class
Abstract
This study aims to determine the principal academic supervision which includes:
planning, implementation, evaluation, and follow‐up in the implementation of learning
moving class at SMK Muhammadiyah 1 Bantul Yogyakarta.
This study uses a qualitative descriptive approach with the main data source
principals and teachers as informants supporting subjects. Data collection methods included
interviews, observations, and studies supported by documentation. The data analysis
technique used is descriptive qualitative interaction model of Milles and Michael Huberman
consisting of data reduction, the presentation of data, and conclusing verivication.
Conclusions derived from this study at SMK Muhammadiyah 1 Bantul are as follows:
(1) planning activities include the preparation of curriculum, syllabus, annual programs,
semester program, and RPP, (2) the implementation of activities in the form of academic
supervision visits one class who performed the principal and deputy head of curriculum, (3)
evaluation of activities such as monitoring and processing activities exam test scores, (4) follow‐up activities include the development of a form of coordination meetings, seminars,
workshops, and MGMPs.
Keyword: academic supervision, the principal, moving class.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.