PENGELOLAAN SARANA LABORATORIUM IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Lutfiana Rahmawati

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengelolaan sarana
laboratorium Sekolah Menengah Pertama Negeri se-kecamatan Godean dalam aspek
perencanaan; penggunaan; pemeliharaan; dan penghapusan. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui trianggulasi data. Teknik
analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif model interaktif dari
Milles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sarana
laboratorium IPA sebagian besar sudah dilakukan cukup baik, namun masih terdapat
sekolah yang belum memiliki biaya sehingga pengadaan sarana masih mengandalkan
bantuan pemerintah; penggunaan sarana laboratorium IPA sudah berjalan cukup baik,
guru sudah menggunakan sarana berdasarkan petunjuk, selanjutnya guru
memperagakan cara menggunakan di depan kelas; pemeliharaan sarana laboratorium
IPA belum benar-benar berjalan secara maksimal, kurangnya tenaga laboran
mengakibatkan pemeliharaan sarana kurang optimal; penghapusan sarana laboratorium
IPA sebagian besar sudah berjalan cukup baik, pengelola laboratorium sebagian besar
sudah mengetahui prosedur penghapusan, namun sebagian besar guru IPA belum
mengetahuinya.
Kata Kunci :pengelolaan, sarana, laboratorium IPA
Abstract
This study aims to determine how the management of junior high school lab as
Godean districts in all aspects of planning; usage: maintenance, and removal. This
research is a qualitative descriptive study. Techniques of data collection using interviews,
observation and documentation. The validity of data is done through triangulation of
data. Data analysis techniques using descriptive qualitative data analysis techniques
interactive model of Milles and Huberman. Results showed that planning science
laboratory facilities mostly have done quite well, but there are still schools that do not
have the money so the procurement of facilities still rely on government assistance; uses
science laboratory facilities are going pretty well, teachers are using the facilities based
instruction, then teachers demonstrate how to use the class; maintenance of laboratory
science has not really run optimally, lack of maintenance of laboratory results are less than optimal; deletion science laboratory facilities mostly been going pretty well,
laboratory manager already knows most of the removal procedure, but most science
teachers do not know.
Keywords: management, facilities, science laboratory

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.