MANAJEMEN IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL ROSYID BOJONEGORO JAWA TIMUR

Chafid Rosyidi

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen implementasi kurikulum KMI di MA Al Rosyid yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan anilisis Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, bagian kurikulum, guru dan siswa. Data dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif: pengumpulan, reduksi, penyajian, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Perencanaan kurikulum KMI di MA Al Rosyid diawali dengan penyusunan konsep kurikulum integral. (2) Pelaksanaan kurikulum disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun memiliki keunikan berupa keberhasilan MA Al Rosyiddalam memadukan berbagai unsur disiplin ilmu pendidikan dalam satu format kurikulum KMI yang menjadi keunggulan tersendiri dilihat dari para peserta didik yang menguasai kemampuan bahasa Arab dan Inggris secara aktif tanpa mengesampingkan ilmu-ilmu Agama dan Umum lainnya. (3) Evaluasi Kurikulum KMI diimplementasikan dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui ketercapaian kurikulum.
Kata kunci : Manajemen Implementasi Kurikulum, KMI, Madrasah Aliyah
THE MANAGEMENT OF IMPLEMENTING KULLIYYATUL MU’ALLIMIN AL ISLAMIYAH (KMI) CURRICULUM MA AL ROSYID BOARDING SCHOOL BOJONEGORO EAST JAVA
Abstract
This study is inteed to describe the management of implementing KMI curriculum at MA Al Rosyid wich observes of planning, implementation and evaluation. This research is a qualitativedescriptive which was. The technique of data collecting is by observation, interview, and document analyzing. The informants of this research are head master, curriculum staff, teachers and students. The data analysed by interaction mode that, includes: collection, reduction, display, anddata verifying. The result of the result show; (1) the planning of KMI curriculum is started with arranging the concept of integral curriculum; (2) the implementation of the curriculum is corresponded to the standard-which is agreed with the government. The unique and the special of the curriculum management of this school is the success of combining any knowledge of education into KMI design which becomes a superior. It can be seen from the students who master Arabic and English language actively without putting aside the religion and the other sciences, and to apply the organizing system of KMI curriculum. (3) the evaluation of KMI curriculum is implemented in the evaluation for the teaching and learning process result to knowing the achievement of the curriculum.
Key Words : the management of implementing curriculum. Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI), Senior High School (MA)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.