KEPUASAN PENGGUNA MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA

Vika Fitrina

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui (1)kepuasan mahasiswa dalam menggunakan layanan perpustakaan,
(2)upaya pengelola untuk meningkatkan kepuasan pengguna mahasiswa perpustakaan Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi,
dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna perpustakaan pada
bulan April 2016, berjumlah 505 orang. Pengambilan sampel teknik random sampling mengambil 15%
(76 orang). Analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan, (a) kepuasan
mahasiswa menunjukan skor keseluruhan sebesar 8631 (77%) masuk kategori memuaskan, (b) upaya
pengelola perpustakaan untuk meningkatkan kepuasan pengguna mahasiswa perpustakaan Kota
Yogyakarta dengan cara: (1) membuka jam pelayanan tepat waktu; (2) kapasitas CCTV menjadi 13 titik;
(3) pelatihan sekali setiap tahun untuk petugas perpustakaan; (4) meningkatkan layanan internet/wifi; (5)
perpustakaan Kota Yogyakarta akan membangun lahan parkir; penambahan koleksi setiap bulan atas
permintaan pengguna, dan penambahan setahun sekali menggunakan anggaran rutin; perpustakaan Kota
Yogyakarta akan membangun perpustakaan alternatif di Yogyakarta bagian selatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.