EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BUKU ACUAN PEMBELAJARAN KTSP DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SEWON

Isga Alda Saputri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pemanfaatan dan pemeliharaan buku pelajaran
oleh guru sebagai bagian dari kegiatan pengelolaan buku acuan pembelajaran. Jenis penelitian deskriptif
kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setting penelitian
dilakukan di 14 lokasi SD negeri wilayah Kecamatan Sewon. Subyek penelitian guru kelas dan petugas
perpustakaan. Teknik analisis data secara kualitatif menggunakan model alir dengan tahapan reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu ditemukannya dampak
pemanfaatan buku acuan pembelajaran terhadap hasil capaian belajar siswa, adanya kepuasan terhadap
kualitas buku namun kuantitas buku milik sekolah belum mencukupi, intensitas pemanfaatan buku antara
sering hingga tidak digunakan sama sekali, cara sebagian sekolah menjaga kondisi fisik buku yaitu
menyampul tetapi ada guru yang tidak menghimbau siswa menyampul, sifat pemeliharaan yaitu
mencegah terjadinya kehilangan maupun kerusakan, namun apabila terjadi kehilangan ataupun kerusakan
siswa diminta bertanggungjawab.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.