PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEEFEKTIFAN KINERJA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SLEMAN

Prasesti Puspita Dewi Kunadi

Abstract


12345Penelitian ini untuk mengetahui; (1) pengaruh motivasi kerja terhadap keefektifan kinerja
SD di Kecamatan Sleman, (2) pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja
SD di Kecamatan Sleman, dan (3) pengaruh secara bersama‐sama motivasi kerja dan kompetensi
kepala sekolah terhadap keefektifan kinerja SD di Kecamatan Sleman. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan di 28 SD dengan informan
penelitian 28 kepala sekolah dan 226 guru, serta sertifikat akreditasi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah angket dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi.
Selanjutnya, reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Selanjutnya uji hipotesis
menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh
motivasi kerja terhadap keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan
sumbangan efektif sebesar 4,9%. (2) Terdapat pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap
keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan sumbangan efektif sebesar
54,9%. (3) Terdapat pengaruh secara bersama‐sama motivasi kerja dan kompetensi kepala
sekolah terhadap keefektifan kinerja Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman dengan sumbangan
efektif sebesar 56,3%.


Kata kunci: motivasi kerja, kompetensi kepala sekolah, keefektifan kinerja sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.