PEMBINAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN

Septi Hanis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru di SMP Negeri se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten, yang meliputi tiga aspek yaitu meliputi: aspek supervisi pengajaran, aspek mengikutsertakan guru dalam kegiatan ilmiah, dan aspek penelitian dan karya imiah.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru SMP Negeri se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten dengan responden seluruh guru di SMP Negeri se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten yang berjumlah 109 guru. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data mengunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan profesional guru oleh kepala sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten masuk dalam kategori baik dengan capaian persentase 79,66%. Hal ini dikarenakan kepala sekolah rutin dalam melaksanakan pembinaan guru khususnya pembinaan melalui supervisi pengajaran, mengikutsertakan guru dalam kegiatan ilmiah, penelitian dan karya ilmiah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.