PERSEPSI PUBLIK TERHADAP PERAN DEWAN PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA

Iwan Panji Winata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi publik terhadap peran Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta periode 2014-2018. Peran tersebut meliputi peran sebagai badan pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan penghubung.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah Dinas Pendidikan dan DRPD Kota Yogyakarta. Subyek penelitian terdiri dari Komite Sekolah, Pegawai Dinas Pendidikan, dan Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakartadengan jumlah 52 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Pengujian validitas menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkanhingga Juni 2016 persepsi publik terhadap peran sebagai badan pertimbangan pada kategori baik sebesar 63,5%, sebagai badan pendukung pada kategori baik sebesar 59,6%, sebagai badan pengontrol pada kategori baik sebesar 62,8%, dan sebagai badan penghubung pada kategori baik sebesar 65,4%. Berdasarkan keseluruhan aspek perannya, perolehan persepsi pada kategorisangat tidak baik sebesar 0,2%, pada kategori tidak baik sebesar 2,4%, pada kategori cukupsebesar 13,1%, pada kategori baik sebesar 62,7%, dan pada kategori sangat baik sebesar 21,6%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.