PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR (SD) MUHAMMADIYAH SAPEN KOTA YOGYAKARTA

Esti Esti

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan (1) pengelolaan kelas di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta; (2) hambatan dan upaya yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penyajian secara deskriptif. Hasil penelitian (1) Pengelolaan kelas menggunakan pendekatan elektis/pluralistik. Guru menerapkan tindakan preventif dan tindakan korektif. Guru menerapkan kurikulum 2013 dan pendidikan karakter, agar kondusif guru melakukan cara berhitung. Guru menerapkan hukuman berupa tadarus/baca doa, mengerjakan tugas dan piket kelas, dan hadiah berupa bintang prestasi dan  pin/bingkisan. Tempat  duduk secara tradisional, setengah lingkaran dan berkelompok, posisi duduk berpindah-pindah. Guru mengatur media pembelajaran setahun sekali. (2) Hambatan bersumber dari lingkungan fisik, jumlah rombel besar sehingga guru kesulitan mengatur ruang. Upaya yang dilakukan koordinasi dengan yang bersangkutan dan melakukan penjadwalan. Hambatan bersumber  dari kondisi sosio-emosional, guru kesulitan memusatkan perhatian siswa. Upaya yang dilakukan membuat kelompok belajar. Hambatan bersumber dari kondisi organisasional, kedisiplinan kurang dan kenakalan siswa. Upaya yang dilakukan memberikan nasehat, pembinaan, mengkomunikasikan dengan orangtua dan layanan psikolog.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.