IMPLEMENTASI PEMBINAAN PESERTA DIDIK SMK SWASTA DI KECAMATAN TEMANGGUNG

Citha Putri Andanni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pembinaan peserta didik SMK swasta di
Kecamatan Temanggung. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel:Claster Proportional QuotaSampling. Teknik pengumpulan data: angket,didukung wawancara,
observasi, dokumentasi. Uji validitas:Product Moment. Uji reliabilitas:Alpha Cronbach. Teknik analisis
data: analisis deskripsi persentase. Hasil penelitian implementasi pembinaan peserta didik SMK swasta di
Kecamatan Temanggung: 72,55%, kategori baik. Rincian indikator: (1) keimanan ketaqwaan Tuhan Yang
Maha Esa 70,5% kategori baik (2) budi pekerti luhur/ akhlak mulia 83,9% kategori sangat baik (3)
kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara 75,9% kategori baik (4) prestasi akademik, seni/
olahraga sesuai bakat dan minat 75,3% kategori baik (5) demokrasi, HAM, pendidikan politik, lingkungan
hidup, kepekaan dan toleransi sosial konteks masyarakat plural 72,6% kategori baik (6) kreativitas,
keterampilan, dan kewirausahaan 64,2% kategori baik (7) kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi berbasis
sumber gizi terdiversifikasi 66,6% kategori baik (8) sastra dan budaya 67,6% kategori baik (9) teknologi
informasi dan komunikasi 74,2% kategori baik (10) komunikasi bahasa Inggris 54,7 kategori cukup.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.