PERMASALAHAN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI PIYAMAN III KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Febriana Nur Umami

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan permasalahan dalam pengelolaan pendidikan inklusif dan upaya sekolah untuk mengatasi permasalahan pendidikan inklusif di SD N Piyaman III. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Permasalahan dalam pengelolaan pendidikan inkluisf yakni: (a) manajemen sekolah belum maksimal (b) belum adanya guru pembimbing khusus, (c) belum adanya kurikulum khusus untuk anak berkebutuhan khusus, (d) dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus masih kesulitan dalam pelajaran matematika, (e) tidak sesuainya alat pembelajaran dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus, (f) pengelolaan kerjasama dengan berbagai pihak belum baik. 2. Upaya untuk mengatasi permasalahan yakni: (a) perencanaan yaitu pembagian tugas yang diketahui oleh semua guru, (b) perencanaan yaitu mengikusertakan guru kelas yang ditugasi menangani anak berkebutuhan khusus dalam pelatihan, (c) pengarahan yaitu menggunakan kurikulum yang dipakai sekolah dan untuk anak berkebutuhan khusus dengan menurunkan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan dan karakteristinya, (d) pengarahan yaitu pemberian jam ke 0 untuk anak berkebutuhan khusus pelajaran matematika, (e) perencanaan yaitu pihak sekolah mengajukan kepada dinas pendidikan terkait alat pebelajaran yang di butuhkan sekolah, (f) perecanaan yaitu pembuatan jadwal rutin untuk pertemuan sekolah dengan orang tua peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.