EVALUASI PROGRAM DIKLAT TEKNIK MULTIMEDIA DI BALAI LATIHAN PENDIDIKAN TEKNIK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Isnaini Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketercapaian pelaksanaan program Diklat Teknik Multimedia dengan menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam yang terdiri atas aspek konteks, input, proses dan hasil. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari lima peserta diklat teknik multimedia yang ditentukan secara purposive, tiga instruktur dan dua panitia penyelenggara. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman & Saldana. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek konteks diklat (latar belakang, landasan hokum dan tujuan diklat) telah tercapai dengan baik karena setiap komponen aspek konteks memenuhi indikator penilaian. (2) Aspek masukan (SDM, Kurikulum dan sarpras) termasuk dalam kategori baik dengan tingkat ketercapaian berada pada angka 95.5%. (3) Aspek proses (media dan metode pembelajaran serta kesesuaian jadwal diklat) dapat dijustifikasi baik, dengan tingkat ketercapaian 95%. (4) Aspek hasil (kuantitatif dan kualitatif) juga dalam kategori baik.

 

Kata kunci: evaluasi program, model CIPP, teknik multimedia

 

Abstract

This study aims to see the achievement of the implementation of the Multimedia Engineering Training Program by using the CIPP model developed by Daniel Stufflebeam which consists of aspects of context, input, process and results. The subjects in this study consisted of five participants of purposive determined multimedia engineering training, three instructors and two organizing committees. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. Data analysis using interactive models according to the theory of Miles, Huberman & Saldana. Data validity test is done by source triangulation and technique triangulation. The results showed that (1) aspects of the training context (background, legal basis and training objectives) were achieved well because each component of the context aspects met the assessment indicators. (2) The input aspects (HR, Curriculum and Sarpras) are included in both categories with the achievement level of 95.5%. (3) Aspects of the process (media and learning methods as well as the suitability of the training schedule) can be justified well, with an achievement level of 95%. (4) The aspect of results (quantitative and qualitative) is also in the good category.

 

Keywords: evaluation program, model of CIPP, multimedia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.