PENGELOLAAN PROGRAM MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH TERINTEGRASI (MDTT) AL LATIF PADA SEKOLAH DASAR NEGERI SURYODININGRATAN 2 YOGYAKARTA

Catur Wulan Ratna Ambarsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan program Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi Al Latif pada Sekolah Dasar Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta yang mencakup proses perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Setting penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Terintegrasi  Al Latif pada Sekolah Dasar Negeri Suryodiningratan 2 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah pengurus program MDTT Al Latif, tenaga pengajar, dan siswa. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, serta analisis data menggunakan model dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan program MDTT Al Latif secara keseluruhan belum berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari: (1) Belum adanya buku pedoman program MDTT Al Latif sebagai acuan pengelolaan program MDTT Al Latif sehingga pengurus kurang menguasai Tupoksi masing-masing. (2) Belum validnya kurikulum yang digunakan sehingga pengajar tidak mempunyai bahan ajar yang jelas dalam pelaksanaan pembelajaran program MDTT Al Latif. (3) Tenaga pengajar yang bertugas untuk mengampu program MDTT Al Latif, dari 6 tenaga pengajar hanya 1 tenaga pengajar yang bergelar sarjana pendidikan. (4) Pengorganisasian tidak disertai dengan struktur organisasi dan deskripsi tugas yang jelas sehingga masih terjadi ketimpangan dalam hal pelaksanaan tugas. (5) Koordinasi yang dilakukan kurang berjalan dengan maksimal sehingga masih ada ketimpangan dalam proses pelaksanaan program. (6) Evaluasi belum dilakukan secara menyeluruh sehingga masalah yang ada tidak bisa ditangani dengan baik.

 

Kata Kunci: pengelolaan program, madrasah diniyah takmiliyah terintegrasi, MDTT

This study aims to describe the management of the Al Latif Integrated Diniyah Takmiliyah Madrasah program at the Suryodiningratan 2 State Elementary School of Yogyakarta which includes the planning, implementation and evaluation processes. This study uses a qualitative approach with descriptive methods. The research is done at Al Latif Integrated Diniyah Takmiliyah Madrasah at the Suryodiningratan 2 State Elementary School of Yogyakarta. The research subjects are the administrators of the Al Latif MDTT program, teaching staff, and students. Methods used to collect data are interviews, observation, and documentation/literature studies. The validity test is done using source triangulation and technique triangulation, while the data is analysed using models provided by Miles & Huberman. The results showed that the process of managing the Al Latif MDTT program as a whole did not go well, this can be seen from: (1) The absence of the MDTT Al Latif program guide as a reference for the management of the Al Latif MDTT program so that the management did not master their respective Auth. (2) Not yet valid curriculum used so that the instructor does not have clear teaching materials in the implementation of Al Latif MDTT program learning. (3) The teaching staff who are in charge of the Al Latif MDTT program, of the 6 teaching staff, is only one teaching staff with a degree in education. (4) Organizing is not accompanied by an organizational structure and clear job descriptions so that there is still inequality in the implementation of tasks. (5) The coordination that is carried out is less effective so that there is still inequality in the process of implementing the program. (6) Evaluation has not been carried out thoroughly so that existing problems cannot be handled properly.

Keywords: program management, integrated diniyah takmiliyah madrasah, MDTT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.