EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK KUNCUP SAMIGALUH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018

Fira Romadhona

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesesuaian antara standar keberhasilan Prakerin dengan fakta Prakerin di SMK Kuncup Samigaluh tentang evaluasi praktik kerja industri (Prakerin) pada kompetensi keahlian pemasaran di SMK Kuncup Samigaluh Kabupaten Kulon Progo tahun 2018, dilihat dari segi (1) konteks: dasar pelaksanaan Prakerin, (2) masukan: kesiapanpelaksanaan Prakerin, (3) proses: pelaksanaan Prakerin, dan (4) hasil: hasil pelaksanaan Prakerin.Penelitian ini menggunakan model CIPP yang dikemukakan oleh Stufflebeam. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji validitas (ekspertjudgment) dan uji reabilitas menggunakan teknik belah dua dari Spearman Brown. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian yaitu (1) Context: berada pada kategori cukup baik, dengan demikian Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari berbagai komponen karena tempat Prakerin kurang sesuai dengan bidang keahlian peserta didik (pemasaran) dan dasar hukum pelaksanaan Prakerin kurang sesuai peraturan Dikmenjur, Permendiknas, dan peraturan sekolah. (2) Input: berada pada kategori cukup baik sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari berbagai komponen karena sekolah, peserta didik, dan DUDI kurang siap melaksanakan Prakerin. (3) Process: berada pada kategori baik karena pelaksanaan program peserta didik, guru pembimbing, dan instruktur DUDI sesuai dengan peraturansekolah, sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun masih perlu adanya perbaikan dari beberapa komponen (4) Product: berada pada kategori baik, karena peserta didik mencapai standar kompetensi lulusan dan peserta didik mampu meningkatkan kemampuan kompetensi bidang keahlian pemasaran, sehingga Prakerin dapat dilanjutkan, namun perlu adanya perbaikan dari beberapa komponen.

Kata kunci: CIPP, Prakerin.

 

Abstract

The purpose of this research is to describe the suitability between the standard Prakerin the situation Prakerin in vocational buds Samigaluh on evaluation practices of industrial work (Prakerin) on the competence of marketing expertise in vocational buds Samigaluh in terms of (1) context: Prakerin basic implementation, (2) feedback: preparedness Prakerin implementation, (3) process: Prakerin implementation, and (4) results: the results of the implementation of Prakerin.Data analysisusing quantitative descriptive analysis. The validity test of the data is done by validity test (ekspert judgment) and reliability test using split halve method from Spearman Brown. Results of the study are (1) Context: are in good enough category, thus Prakerin can be continued, but the need for improvement of the various components because the Prakerin less in line with the areas of expertise of learners (marketing) and the legal basis for the implementation of Prakerin less according to the rules Dikmenjur, Permendiknas and school rules. (2) Input: is in the category quite well. Thus, Prakerin can be continued, but the need for improvement of various components for schools, students, and less ready to implement Prakerin DUDI. (3) Process: are the good category for the implementation of the program of learners, teachers, counselors, and instructors DUDI in accordance with the regulations of the school , so Prakerin can continue, but there is still need for improvement of several components (4) Product: located in both categories, becauselearners achieve competency standards and the learner is able to improve the competence areas of expertise pemasara n, so Prakerin can be continued, but the need for improvement of several components.

Keywords: program evaluation, Prakerin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.