PENCAPAIAN KRITERIA STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH INKLUSIF DI SMP NEGERI 1 SENTOLO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 SENTOLO

Reni Ayu Saefani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian standar nasional pendidikan sekolah inklusif di SMP Negeri 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan GPK. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara umum pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif SMP Negeri 1 Sentolo mencapai skor 1205 (63%) dengan kategori baik. Pencapaian tertinggi terletak pada standar proses dengan perolehan skor 478 (71%) dengan kategori baik dan pencapaian terendah terletak pada standar pembiayaan dengan perolehan skor 207 (54%) dengan kategori baik. 2) Pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif SMP Muhammadiyah 2 Sentolo mencapai skor 185 (19%) dengan kategori kurang. Pencapaian tertinggi terletak pada standar proses dengan perolehan skor 108 (43%) dengan kategori cukup dan pencapaian terendah terletak pada standar sarana prasarana dengan perolehan skor 0 (0%) dengan kategori kurang. 3) Upaya sekolah dalam meningkatkan pencapaian kriteria standar nasional pendidikan sekolah inklusif adalah dengan mengupayakan guru/GPK mendapatkan pelatihan agar mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusif di sekolah, sekolah juga mengupayakan pemenuhan sarana prasarana penunjang layanan pendidikan untuk ABK pada saat pembelajaran di sekolah, serta penganggaran dana untuk menunjang proses berlangsungnya pendidikan inklusif di SMP Negeri 1 Sentolo dan SMP Muhammadiyah 2 Sentolo.

Kata kunci: Standar Nasional Pendidikan, pendidikan inklusif

 

Abstract:

This research aimed to know the level of achievement of minimum service standards of inclusive education in 1Sentolo and Muhammadiyah 2 Sentolo Junior High School.This research was descriptive quantitative method, and the subjects of this research were principal, teachers, and special guiding teachers. The data collection techniques used questionnaires, observations, interviews, and documentations.The results of this research show: 1) generally, the achievement of minimum service standards criteria of inclusive education in1 Sentolo Junior High School was1205 (63%) with good category. The highest achievement is on the process standard which was 478 (71%) with good category and the lowest achievement is on finance standard which was 207 (54%) with good category. 2) The achievement of minimum service standards of inclusive education in Muhammadiyah 2 Sentolo Junior High School was 185 (19%) with less category. The highest achievement is on the process standard which was 108 (43%) with enough category and the lowest achievement is on the infrastructure standard which was 0 (0%) with less category.

Keywords: Minimum Service Standards, inclusive education


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.