PENYELENGGARAAN PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN KULONPROGO

Puji Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kurikulum dan pembelajaran KKO tingkat SMA di Kabupaten  Kulonprogo. (2) Tenaga pendidik KKO tingkat SMA di Kabupaten Kulonprogo, (3) Prasarana dan sarana KKO tingkat SMA di Kabupaten Kulonprogo, (4) Kegiatan kehumasan di KKO tingkat SMA di Kabupaten Kulonprogo.  Penelitian  ini   merupakan  penelitian  deskriptif  dengan  pendekatan  kualitatif.  Hasil  penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum dan KKM  siswa KKO sama dengan siswa kelas regular. Materi pelatihan KKO disesuaikan dengan usia, tingkatan siswa, serta  minat  dan kemampuan siswa. Pelatihan minimal 80% praktek. Penilaian dilakukan secara sumatif. (2) Setiap cabor memiliki pelatih sesuai bidangnya. Pelatih di kedua sekolah memiliki keterampilan dan pengetahuan sesuai cabornya. (3) Prasarana dan sarana KKO belum optimal. Sarana di sekolah dikelola oleh pihak sekolah dan sarana di tempat pelatihan dikelola oleh pelatih serta siswa. (4) Kegiatan kehumasan  internal  di  kedua  sekolah  berupa  rapat  serta  pengumuman  mading  sekolah.  Kegiatan  kehumasan eksternal di kedua SMA berupa publikasi KKO.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.