UPAYA SEKOLAH MENDORONG KREATIVITAS GURU MEMBUAT DAN MEMANFAATKAN APE DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN SLEMAN

Dwi Erna Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Upaya sekolah untuk menjadikan guru kreatif (2) Hambatan mendorong guru menjadi kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 5 guru dan 1 kepala sekolah. Lokasi oenelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Sleman. Metode pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasiteknik. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Upaya sekolah mendorong kreativitas guru yaitu menyusun kegiatan yang berhubungan dengan APE, menyediakan sumber daya dana dan sarana prasarana, serta memaksimalkan faktor pendukung yang dimiliki sekolah. (2) Hambatan yang dirasakan yaitu beban kerja administrasi guru serta peran lain dalam organisasi di luar sekolah. Cara mengatasi hambatan ini yaitu guru saling bekerjasama. Guru kekurangan waktu untuk membuat APE. Guru berusaha meluangkan waktu setelah kegiatan pembelajaran dan jika tidak selesai dilanjutkan di rumah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.