PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PENDIDIKAN DASAR DI SMP NEGERI 3 SEWON KABUPATEN BANTUL

Rena Nurifajati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian setiap sub Indikator Pencapaian (IP) dalam SPM Pendidikan Dasar di SMP Negeri 3 Sewon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, studi dokumen, dan wawancara. Hasil penelitian ini yaitu terdapat sub IP SPM Pendidikan Dasar yang belum terpenuhi di SMP N 3 Sewon meliputi pelayanan pendidikan dasar oleh kabupaten dan satuan pendidikan. Pelayanan pendidikan dasar oleh kabupaten yang belum terpenuhi meliputi jenis layanan sarana dan prasarana pada sub IP 3.2 tentang ketersediaan satu set peralatan praktek IPA dengan capaian 65,85% serta jenis layanan tenaga pendidik dan kependidikan pada sub IP 6 terkait ketersediaan satu orang guru untuk setiap mata pelajaran mencapai 91,67%. Pelayanan pendidikan dasar oleh satuan pendidikan yang belum terpenuhi meliputi jenis layanan sarana dan prasarana pada sub IP 16.1 tentang ketersediaan buku teks dengan perbandingan satu set untuk satu peserta didik yang mencapai 14,24%, jenis layanan kurikulum pada sub IP 21.2 terkait penerapan kurikulum yang berlaku memperoleh capaian sebesar 66,67% dan sub IP 22.1 terkait penerapan RPP oleh guru dengan capaian 99,40%, jenis layanan penilaian pendidikan pada sub IP 23.1 tentang pengembangan dan penerapan penilaian oleh guru yang mencapai 99,20%, serta jenis layanan penjaminan mutu pendidikan pada sub IP 24.2 tentang supervisi kelas dan umpan balik oleh kepala sekolah terhadap guru yang mencapai 83,33%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.