PENGELOLAAN KELAS INDUSTRI DI SMK N 2 KLATEN

Shinta Surya Danutirta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas industri di SMK N 2 Klaten yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada kelas industri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: 1) Perencanaan kelas industri meliputi aspek peserta didik yang dilaksanakan oleh industri dan sekolah sebagai penyelenggaranya. Aspek sumber daya manusia dilakukan dengan cara diklat instruktur yang diselenggarakan oleh industri untuk menambah pengetahuan tentang industri tersebut. Aspek kurikulum dilakukan dengan singkronisasi kurikulum sekolah dengan kurikulum industri, selanjutnya aspek sarana prasarana dilakukan oleh industri dan sekolah dengan keterlibatan industri berupa menetapkan standar kelas industri dan pengadaan sarana prasarana dan bentuk keterlibatan sekolah berupa pengadaan. 2) Pelaksanaan kelas industri meliputi pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan dan prakerin yang dilaksanakan di indutri. 3) evaluasi yang meliputi evaluasi hasil belajar peserta didik, berupa siswa mendapatkan sertifikat yang berasal dari industri dan evaluasi penyelenggaraan kelas industri berupa rapat internal dan kunjungan yang dilakukan sekolah ke industri maupun industri ke sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.